Nafsu Meresap Di Hati, Itu Penyakit Berat !

Tahu Nilai Kenikmatan Setelah Nikmat Lenyap
Feb 4, 2021
Syahwat Hati Terusir Dengan Takut Dan Rindu
Feb 24, 2021

تَمَكُّنُ حَلَاوَةِ الْهَوَى مِنَ الْقَلْبِ هُوَ الدَّاءُ الْعُضَالُ

Meresapnya kesenangan hawa nafsu dalam hati merupakan penyakit berat yang sukar disembuhkan.

 

HATI adalah tempat iman, ma’rifah dan keyakinan. Ketiganya ini adalah obat untuk penyakit hati yang berupa hawa nafsu dan syahwat. Apabila penyakit cinta dunia dan hawa nafsu telah kuat di dalam hati seseorang, maka tidak ada tempat untuk pengobatannya, sehingga sulit untuk disembuhkan.

Manisnya hawa nafsu itu ada dua :

Yang pertama adalah Hawannafsi (keinginan nafsu lahiriah) yang berupa syahwat jasmaniyah (kesenangan jasmani) seperti lezatnya makanan, minuman, pakaian, kendaraan, kawin, mempunyai rumah dll.

Yang kedua adalah Hawalqalbi (keinginan hati) yang berupa syahwat maknawiyah yang tidak tampak dan tersimpan di hati. Ini seperti cinta kedudukan, kemuliaan, pujian, karamah dan keistimewaan.

Untuk mengobati yang pertama (Hawannafsi) caranya mudah. Yaitu dengan ditekan dengan menjauhi keinginan-keinginan nafsu itu, meninggalkannya, ber-zuhud dan berkumpul dengan orang-orang baik.

Sedangkan penyakit hati (Hawalqalbi) kalau sudah menguasai hati akan menguat dan sulit untuk diobati. Sampai-sampai para dokternya pun, para masyaikh ulama batin, tidak mampu mengobatinya. Malah, penyakit itu jika diobati semakin tambah kuat. Lalu apa yang bisa mengusir penyakit itu?

Maka yang bisa mengusir penyakit itu ialah Warid (bantuan) dari Allah dengan perhatian khusus yang sudah tertulis dengan perantara (syeikh) atau tanpa perantara.

Dikutip dari Buku al Hikam Mutiara Hikmah Kehidupan asuhan Habib Ahmad bin Husen Assegaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published.