Sifat-sifat Malaikat

Sifat-sifat Para Nabi dan Rasul
May 23, 2016
Kitab-kitab Allah
May 25, 2016

Sifat-sifat Malaikat

Umat muslim wajib mempercayai keberadaan malaikat oleh karena hal itu telah dijelaskan di dalam al Qur’an sebagaimana yang telah Allah firmankan:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan Kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.””. QS. Al Baqarah: 285.
Iman kepada malaikat artinya meyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan makhluk yang terbuat dari unsur cahaya dan tidak pernah durhaka kepada Allah SWT.
Malaikat adalah makhluk yang sangat mengagumkan. Mereka tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan juga tidak berkeluarga. Mereka dapat mengubah bentuk dirinya menjadi seperti manusia sebagaimana yang pernah terjadi pada malaikat Jibril pada saat ia mau menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad saw. Tidak jarang ia menampakan dirinya dalam bentuk seperti manusia.
Masing-masing malaikat diberikan tugas oleh Allah SWT. Di antara mereka ada yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu, mencatat amal manusia, menjaga surga. Di antara mereka ada yang ditugaskan hanya untuk menyembah dan bertasbih kepada Allah SWT. Ada pula yang ditugaskan untuk menjaga badan manusia dan sebagainya.
Para malaikat hanya mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT kepadanya. Mereka tidak pernah melanggar larangan Allah SWT ataupun sesuatu yang tidak diperintahkan kepadanya. Di dalam Al Qur’an dijelaskan:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” QS. At Tahriim: 6

Sepuluh Malaikat yang Wajib Diketahui

Malaikat yang wajib diketahui berjumlah sepuluh. Berikut nama-nama malaikat serta tugas dari masing-masing malaikat tersebut :
1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi dan rasul.
2. Malaikat Mikail bertugas memberi rizki.
3. Malaikat Israfil yang bertugas meniup terompet sangkakala di waktu hari kiamat.
4. Malaikat Izrail yang bertugas mencabut nyawa.
5. Malikat Munkar bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.
6. Malaikat Nakir bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar.
7. Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal baik manusia semasa hidupnya di dunia.
8. Malaikat Atid bertugas mencatat segala perbuatan buruk manusia ketika hidup.
9. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka.
10. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *