Mengenal Diri Sendiri
Jun 30, 2015
Hakekat Hati
Jul 7, 2015

Unsur-unsur Ciptaan Manusia

إذا شئت أن تعرف نفسك فاعلم أنك من شيئين الأول هذا القلب والثاني يسمى النفس والروح.

Kalau kau ingin mengenal dirimu, maka ketahuilah bahwa kau terdiri dari dua hal: pertama hati,  yang kedua apa yang dinamakan jiwa dan ruh.

والنفس هو القلب الذي تعرفه بعين الباطن وحقيقتك الباطن لأن الجسد أول وهو الآخر والنفس آخر وهو الأول, ويسمى قلبا. وليس القلب هذه القطعة اللحمية التي فى الصدر من الجانب الأيسر لأنه يكون فى الدواب والموتى

Jiwa adalah hati yang kau kenal dengan mata hati dan merupakan hakikatmu yang dalam. Sebab jasad adalah permulaan dan dialah yang terakhir, sedang jiwa adalah akhir dan dialah yang pertama disebut hati (jantung). Tapi jantung ini, bukanlah sepotong daging yang ada di rongga dada sebelah kiri. Sebab kalau itu, para binatang dan mayat pun ada.

وكل شيء تبصره بعين الظاهر فهو من هذا العالم الذي يسمى عالم الشهادة. وأما حقيقة القلب فليس من هذا العالم لكنه من عالم الغيب فهو فى هذا العالم غريب وتلك القطعة اللحمية مركبة وكل أعضاء الجسد عساكره وهو الملك. ومعرفة الله ومشاهدة جمال الحضرة صفاته تلحقانه

Segala sesuatu yang kau lihat dengan mata lahir adalah termasuk alam ini, alam yang disebut alam syahadah (dunia yang biasa dilihat). Sedang hakekat hati bukanlah dari alam syahadah ini, tetapi bagian dari alam gaib. Di alam ini hati adalah asing. Dan ‘potongan daging’ itu adalah kendaraannya. Sedang semua anggota badan merupakan bala tentara atau prajurit prajuritnya. Dialah Sang Raja. Ma’rifatullah (pengenalan kepada Allah) dan musyahadah (menyaksikan) keelokan Hadirat Ilahi merupakan ciri-cirinya. Taklif (beban keagamaan) dan khitab (firman), kepadanyalah keduanya di-tujukan. Dialah yang mendapat hukuman dan pahala, kebahagiaan dan kesengsaraan.

والروح الحيواني فى كل شيء تبعه ومعه. ومعرفة حقيقته ومعرفة صفاته مفتاح معرفة الله سبحانه وتعالى. فعليك بالمجاهدة حتى تعرفه, لأنه جوهر عزيز من جنس جوهر الملائكة. وأصل معدنه من الحضرة الإلهية من ذالك المكان جاء وإلى ذالك المكان يعود.

Nyawa (ruh) hewani pada apapun juga, mengikuti dan mengiringinya. Dan mengetahui hakikatnya serta mengenal sifat-sifatnya merupakan kunci bagi pengenalan kepada Allah swt. Oleh karenanya kau harus melakukan musyahadah (berjuang) hingga dapat mengenalinya. Sebab ia merupakan unsur mulia dari anasir malaikat dan sumber asalnya adalah dari Hadirat ketuhanan. Dari tempat itu dia datang dan ke tempat itulah dia kembali.

Itulah penjelasan mengenai unsur-unsur ciptaan manusia yang kami kutib dari buku Kimiya’us Sa’adah karya Imam Ghazali.

1 Comment

  1. DQ-Z says:

    Alhamdulillah, Bolehkah saya bertanya, apakah jiwa disini sama dengan ruh atau merupakan bagian dari ruh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *