Nurul Yaqin (Cahaya Keyakinan)
May 18, 2020
Penampakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala
May 25, 2020

مَا حَجَبَكَ عَنِ اللهِ وُجُوْدُ مَوْجُوْدٍ مَعَهُ, وَلٰكِنْ حَجَبَكَ عَنْهُ تَوَهُّمُ مَوْجُوْدٍ مَعَهُ

Tiada sesuatu yang menghijab engkau dari Allah. Akan tetapi yang menghijab engkau dari Allah adalah dugaanmu akan adanya sesuatu yang berwujud bersama-Nya.

SEORANG Arif billah mengatakan: “Wujud suatu benda di alam ini bagaikan bayangan pohon yang berada di atas permukaan air. Sesungguhnya bayangan tersebut tidak akan dapat menghalangi jalannya kapal. Begitu pula halnya dengan wujudnya makhluk di alam ini.”
Maka tidak ada yang menghalangi engkau dari Allah melainkan hanya dugaanmu akan adanya wujud yang selain Allah.
Hal ini, juga dimisalkan seperti seseorang yang bermalam di suatu tempat. Di tengah malam ia ingin menunaikan hajatnya, kemudian ia mendengar suara angin, namun ia mengira suara itu adalah suara singa, sehingga membuat ia tidak berani untuk keluar menunaikan hajatnya.
Tatkala di pagi harinya, ia sama sekali tidak menemukan singa, sekalipun berupa bekasnya saja. Kemudian ia tahu bahwa suara tersebut sebenarnya adalah suara tekanan angin yang masuk ke dalam lubang dinding.
Jadi, orang tersebut mengurungkan niatnya bukan karena adanya singa, namun karena dugaannya akan adanya singa.
Benda-benda yang wujud di alam ini pada hakikatnya hanyalah bayangan belaka, maka tidak ada sesuatu apapun yang menghijab manusia dari Allah di alam ini melainkan hanya dugaan manusia bahwa bayangan itu adalah wujud dengan sebenarnya yang padahal itu hanyalah bayangan. Sebab dugaan inilah, manusia terhijab dari Allah.

لَا مَوْجُوْدَ اِلَّا اللهُ

“Tidak ada wujud yang sebenarnya di alam ini melainkan hanya Allah subhanahu wa ta’ala.”

Dikutip dari Buku al Hikam Mutiara Hikmah Kehidupan asuhan Habib Ahmad bin Husen Assegaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *