Nur Inayah Menyelamatkan Manusia dari Perbudakan

Diberi Warid Agar Lepas dari Kurungan Diri
Jan 28, 2019
Cahaya Adalah Kendaraan Hati
Feb 1, 2019

أَوْرَدَ عَلَيْكَ الْوَارِدَ لِيَتَسَلَّمَكَ مِنْ يَدِ الأَغْيَارِ وَيُحَرِّرَكَ مِنْ رِقِّ الْآثَارِ

Allah mendatangkan kepadamu warid (karunia berupa nur inayah) supaya engkau selamat dari cengkraman selain Allah dan merdeka dari perbudakan selain Allah.

YANG kedua kalinya, setelah seseorang memperoleh Nur Hidayah, maka Allah menurunkan lagi karunia yang lebih tinggi ke hati orang tersebut. Karunia tersebut berupa Nur Inayah. Seorang hamba diberi Nur Inayah oleh Allah agar orang itu terus naik ke derajat yang lebih tinggi dan jangan sampai ia merosot ke derajat yang lebih rendah.

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa dengan Nur Hidayah seseorang akan giat melakukan ibadah. Tetapi dikhawatirkan ibadahnya tidak ikhlas. Maka diberikanlah Nur Inayah kepada orang yang semangat beribadah itu agar dia selamat dari tujuan selain Allah. Dengan Nur Inayah itu ia bebas dari cengkraman selain Allah, sehingga hatinya murni hanya untuk Allah.

Begitupula, ia diberi Nur Inayah agar ia menjadi orang yang merdeka dan tidak diperbudak oleh selain Allah seperti istri, harta dan lainnya. Orang yang merdeka secara hakiki ialah orang yang tidak terikat dengan selain Allah. Ia murni menjadi hamba Allah, bukan budak dari istri, harta atau lainnya. Sebab, Allah tidak ingin diduakan.

Dikutip dari Buku al Hikam Mutiara Hikmah Kehidupan asuhan Habib Ahmad bin Husen Assegaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *