Dzikir Dhahir Timbul Dari Batin

Cahaya Mendahului Dzikir, Dzikir Mendahului Cahaya
Sep 14, 2021
Diperlihatkan Sebelum Dituntut Bersaksi
Sep 22, 2021

مَا كَانَ ظَاهِرُ ذِكْرٍ اِلَّا عَنْ بَاطِنِ شُهُوْدٍ اَوْ فِكْرٍ

Tidak ada dzikir pada dhahir kecuali timbul dari pemikiran dan penyaksian batin.

 

ORANG yang suka berdzikir rnenyebut Allah menunjukkan bahwa di hati orang itu ada kecintaan kepada Allah. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ اَحَبَّ شَيْئًا اَكْثَرَ مِنْ ذِكْرِهِ

“Orang yang cinta kepada sesuatu, maka ia banyak menyebutnya.”

Sedangkan rasa cinta itu timbul dari dzauq (perasaan) dan makrifah (pengetahuan). Maka setiap orang yang tenggelam dalam dzikir itu dikarenakan ruhnya telah menyaksikan kecantikan Hadrah atau memikirkan keindahan Dzat yang namanya ia sebut atau memikirkan bagusnya pahala berdzikir. Jadi, setiap dzikir dhahir itu pasti timbul dari penyaksian atau pemikiran batin. Karena, amal dhahir menurut apa yang ada pada batin. Dorongan batinlah yang menimbulkan adanya amal dhahir itu.

Dalam berdzikir manusia terbagi menjadi tiga golongan. Ada yang berdzikir karena mencari pahala. Ada yang berdzikir menginginkan hatinya bisa hadir (khusyuk bersama Allah). Ada yang berdzikir karena sampai kepada Allah dan tabir tersingkap bagi mereka.

Arti kata hikmah ini sesuai dengan kata hikmah sebelumnya yang berbunyi:

مَا اسْتُوْدِعَ فِى غَيْبِ السَّرَائِرِ ظَهَرَ فِى شَهَادَةِ الظَّوَاهِرِ

“Apa yang tersimpan di dalam rahasia batin tampak nyata pada dhahir. ”

Maksudnya, segala sesuatu’yang tersimpan dalam hati, baik kebalkan atau keburukan, sifat terpuji atau tercela, pasti tampak pada anggota dhahir.

Misalnya, rahmat atau belas kasih yang ada dalam hati seseorang akan terlihat pada raut muka orang tersebut. Begitu pula, kebencian ataupun kemarahan yang ada pada hati bisa terbaca dari wajah dan perilaku pelakunya. Seseorang yang bertingkah laku sopan dan santun dalam kata menunjukkan bahwa batin orang itu juga sopan dan santun. Kata-kata yang keluar dari mulut menunjukkan kepada apa yang tersimpan dalam hati. Abu Hafs Al-Haddad berkata: “Baiknya adab dhahir timbul dari baiknya adab batin. Karena Nabi bersabda mengenai orang yang bermain dengan jenggotnya waktu shalat, “Andai hati orang ini khusyu’, maka anggota badannya juga khusyuk.”

Itu semua dikarenakan apa yang tampak pada anggota badan adalah pengaruh dari apa yang ada pada batin seseorang.

‘ Allah Ta’ala berfirman:

تَعْرِفُهُمْ بِسِيْمَاهُمْ

“Kamu mengenal mereka dengan tanda mereka. ” (QS.Al-Baqarah: 283)

Ayat diatas menerangkan tentang orang miskin yang tidak mau meminta-minta. Allah menyatakan bahwa Nabi Muhammad bisa mengenali orang-orang ini dari tanda yang ada pada wajah mereka.

Allah Ta’ala berfirman mengenai para sahabat Nabi:

سِيْمَاهُمْ فِى وُجُوْهِهِمْ مِنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ

“Tanda mereka tampak di wajah mereka dari bekas sujud” (QS. Al-Fath : 29)

Ayat ini menunjukkan bahwa cahaya iman yang ada di hati seseorang bisa menembus dan tampak di wajahnya. Bukanlah yang dimaksud dengan bekas sujud adalah tanda hitam di dahi. Tapi yang dimaksud adalah cahaya yang tampak di wajah dari pengaruh ibadah dan khusyuknya hati.

Begitupula kegelapan yang ada di dalam hati seseorang bisa tampak di wajahnya. Walau kulit wajahnya putih, tapi tampak gelap. Orang yang punya mata hati bisa melihat dan membedakan itu.

Di antaranya ialah golongan para wali yang dikenal dengan Rajabiyyun. Termasuk hal mereka ialah mereka dapat membedakan orang Syi’ah atau bukan. Mereka melihat orang Syi’ah berbentuk babi. Jika orang Syi’ah tadi bertaubat sungguh-sungguh, maka wali Rajabiyyun itu kembali melihat mereka seperti manusia biasa.

Allah menjadikan bentuk babi sebagai tanda bagi pengikut aqidah Syi’ah yang dapat dilihat oleh wali Rajabiyyun.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ اَسَرَّ سَرِيْرَةً كَسَاهُ اللهُ رِدَاءَهَا

“Siapa yang menyembunyikan dalam hatinya sesuatu maka Allah akan menampakkan isi hatinya.”

Dikutip dari Buku al Hikam Mutiara Hikmah Kehidupan asuhan Habib Ahmad bin Husen Assegaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *