Diperlihatkan Sebelum Dituntut Bersaksi

Dzikir Dhahir Timbul Dari Batin
Sep 22, 2021
Tiga Kemuliaan Orang Yang Berdzikir
Oct 1, 2021

أَشْهَدَكَ مِنْ قَبْلِ اَنِ اسْتَشْهَدَكَ فَنَطَقَتْ بِأُلُوْهِيَّتِهِ الظَّوَاهِرُ وَتَحَقَّقَتْ بِأَحَدِيَّتِهِ الْقُلُوْبُ وَالسَّرَائِرُ

Allah telah memperlihatkan kebesaran-Nya kepadamu sebelum engkau dituntut mengakui kebesaran-Nya itu. Sehingga nyata mengakui ketuhanan-Nya segala makhluk yang dhahir dan dinyatakan keesaan-Nya dalam hati dan segala perasaan batin.

 

RUH manusia pada aslinya suci dan jernih di waktu berada di Alam Dzar (sebelum manusia diberi tubuh). Ruh itu memiliki pengertian. Di saat itu Allah memperlihatkan kebesaran-Nya serta keesaan-Nya kepada para arwah itu.

Allah bertanya kepada para arwah itu:

اَلْسْتُ بِرَبِّكُمْ (Bukankah Aku adalah Tuhan kalian)

Mereka menjawab :

بَلَى (Ya, memang Engkau adalah Tuhan Kami)

Kala itu, semua ruh mengakui ketuhanan Allah. Tapi, setelah Allah memberi mereka tubuh, maka ada yang mengakui adanya Tuhan, kebesaran dan keesaan Allah sama dengan yang terjadi di Alam Dzar. Ada pula yang mengingkari.

Jadi, Allah telah memperlihatkan sifat ketuhanan-Nya dan keesaan-Nya kepadamu ketika engkau masih di alam arwah sebelum Allah kemudian menuntutmu untuk menyatakan kesaksian ketuhanan-Nya di alam nyata ini. Ketika Allah memintamu untuk bersaksi maka bersaksilah segala yang dhahir tentang ketuhanan Allah sesuai dengan apa yang disaksikan dahulu di Alam Dzar. Maka, terucaplah dengan mulut kalimat syahadat, bahwa tiada Tuhan selain Allah. Hatipun ikut mengakui.

Maka, setiap penyaksian tentang kebesaran, ketuhanan dan keesaan Allah di alam nyata ini sesuai dengan apa yang terjadi di alam batin yaitu Alam Dzar. Seharusnya bagi seorang hamba Allah, ia mengakui secara dhahir dan batin tentang ketuhanan dan keesaan Allah. Dulu, di Alam Dzar mengakui secara batin. Sekarang, di alam nyata mengakui secara dhahir.

Dikutip dari Buku al Hikam Mutiara Hikmah Kehidupan asuhan Habib Ahmad bin Husen Assegaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *