Perkara yang Membatalkan Tayamum
May 26, 2015
Menikah dengan wanita lain agama
Jun 4, 2015

Haid, nifas, dan istihadhah adalah tiga hal yang ada pada diri wanita. Ketiganya merupakan darah yang biasa (keluar) dari farji (agina seorang wanita), darah haid, darah nifas, dan darah istihadhah.

Penjelasan Darah Haid, Nifas, dan Istihadhah

Adapun darah haid adalah darah yang keluar sewaktu seseorang dalam usia haid, yaitu masuk umur 9 tahun ke atas, dimana darah tersebut keluar dari farji (liang kemaluan) seorang wanita, secara sehat-sehat; maksudnya keluarnya darah itu bukan karena suatu penyakit, tetapi (semata-mata) karena tabiat alamiyah, juga bukan disebabkan oleh melahirkan anak.

Kata-kata mushannif; warna darah haid itu sangat merah agak kehitaman, hangat-menyengat, tidak terdapat pada kebanakan redaksi kitab matan.

Didalam kitab al Shihah terdapat keterangan, bahwa darah haid itu warnana sangat merah hingga Nampak seperti hitam (kehitaman), dan rasanya hangat menyengat seperti layaknya api yang hendak membakar.

Adapun darah nifas, ialah darah yang keluar beriring-iringan dengan keluarnya seorang bayi. Sedang darah yang keluar bersama-sama dengan seorang anak, atau keluar sewaktu bayi hendak lahir, maka darah tersebut bukan termasuk darah nifas.

Sedangkan darah istihadhah adalah darah yang keluar pada waktu selain hari-hari haid dan bukan sewaktu sedang nifas, dimana keluarnya bukan secara sehat-sehat (wajar).

Adapun sedikit-sedikitnya masa haid itu satu hari satu malam. Maksudnya, hal itu kira-kira sekitar 24 jam, secara langsung, terus menerus menurut kebiasaan haid.

Sementara masa terbanyak paling lama dalam haid, ialah selama 15 hari, 15 malam. Maka jika darah ang keluar itu melebihi masa 15 hari, 15 malam tersebut, maka ang selebihnya itu disebut darah istihadhah.

Adapun kebiasaan darah haid itu, keluar selama 6 atau 7 hari (beserta malamnya). Tentang pijakan untuk menentukan masa-masa haid di atas, adalah berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Imam Syafi’i.

Masa terpendek dalam nifas itu ialah, hana sekejap. Maksudnya ialah masa ang hanya sebentar. Adapaun permulaan mulainya darah nifas itu, ialah dari semenjak lepasna seorang bayi.

Masa terbanyak dalam nifas itu ialah, 60 hari, sedang kebiasaannya 40 hari.

Pijakan untuk menentukan masa-masa terpendek, biasa dan terpanjang dalam nifas ialah berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Imam Syafi’I juga.

Adapun masa terpendek dalam saat suci yang memisahkan antara dua masa haid, ialah selama 15 hari.

Mushannif dengan kata-katanya yang berbunyi; yang memisahkan antara dua masa haid, beliau telah mengecualikan tentang masa yang memisahkan antara masa haid dengan masa nifas. Apabila kami bependapat berpijak pada pendapat ang lebih shahih, bahwa seandainya orang yang sedang hamil tiba-tiba mengeluarkan darah haid, itu bisa terjadi (pemisah antaa haid dan nifas) kurang dari 15 hari.

Dan tentang masa terbanyak dalam sat suci, ialah tidak ada batasnya. Sebab kadang-kadang terdapat seorang wanita sepanjang masa hayatnya tidak pernah haid.

Adapun kebiasaan masa suci itu, dihitung dengan masa kebiasaan haid, maka jika masa haidnya selama 6 haid, maka masa saat suci itu ialah 24 hari. Atau seandainya masa haidnya itu selama 7 hari maka masa sucinya ialah 23 hari.

Masa usia terpendek dimana seorang wanita itu haid (untuk pertama kali), ialah 9 tahun menurut penanggalan embulan (tahun qomariyah).

Maka seandainya ada seorang perempuan melihat pada dirinya keluar daah sebelum mencapai genap usia 9 tahun, dimana didalam masa yang tidak muat untuk haid dan suci (misalnya, darah itu keluar selama kurang dari 16 hari), dianggaplah darah ang keluar tersebut, sebagai darah haid. Sedang jika tidak demikian (daah keluar lebih dari 16 hari ke atas), maka darah itu, bukanlah darah haid.

Masa terpendek dalam hal itu adalah 6 bulan dan beberapa saat saja. Adapun masa terpanjang buat saat mengandung itu, adalah 4 tahun, sedang kebiasaannya 9 bulan. Dan yang buat pegangan untuk menentukan masalah ini adalah berdasarkan kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *